kayu putih

Kayu Putih (Melaleuca cajuputi Powell)

Deskripsi singkat

Pohon kayu putih ini bisa dijumpai dengan tinggi pohon berkisar antara 20 – 26 m. Pada bagian batang pohon terdapat kulit luar (korteks) yang empuk, dan mudah terkelupas, bentuk batang bulat, dengan warna abu – abu. Daun tunggal memanjang, bulat telur atau oval dengan ujung dan pangkal meruncing tulang daun menyirip dan tepian daun rata tidak bergerigi dengan ukuran daun yang panjangnya kira – kira 12 – 20 cm, dengan lebar daun antara 3 – 8 cm warna daun hijau, dengan sedikit keputih – putihan. Memiliki bunga majemuk, yang tumbuh pada ketiak daun atau tangkai daun paling ujung. Kelopak bunga melungkup, berwarna putih kekuning – kuningan, tangkai benang sari berwarna putih dan kepala putik berwarna hijau muda, dan calon atau bakal buah berwarna putih lonjong.

 

kayu putih
Klasifikasi
Divisi: Spermatophyta
Sub divisi: Angiospermae
Kelas: Dicotyledoneae
Bangsa: Myrtales
Suku: Myrtaceae
Marga: Melaleuca
Jenis: Melaleuca leucadendra(L.)L.
Var. Minor (Smith) Duthic
Nama daerah: Kayu putih (Jawa Tengah); Kayu putih (Timor); Kapape(Flores); Kapuka (Solor); Aren
(Alor); Nggela Sole (Roti).

 

Khasiat dan Manfaat

 

  • Aroma terapy

Kayu putih memiliki kandungan seperti eucalyptol, valeraldehyde, sequiterpene, pinocarveol, pinen, terpinol, camphen globulal, cineol, fenchen, serta butylaldehyde. Salah satu kelebihan dari minyak ini adalah aromanya yang khas. Harum, serta menenangkan hingga dapat menghilangkan pusing, lesu dan dapat meningkatkan konsentrasi

  • Meringankan gejala sakit perut

Minyak kayu putih yang sudah diolah akan memiliki sifat hangat saat dioleskan pada kulit. Hal itu bermanfaat untuk mengobati sakit perut, mual dan perut kembung serta masuk angin. Tak jarang banyak orang tua yang menggunakan minyak kayu putih ini saat masuk angin dan sakit perut.

  • Mengobati pusing dan sakit kepala

Saat pusing dan sakit kepala, seringkali otot menjadi tegang dan kaku. Minyak kayu putih yang sudah diolah dengan kekhasan aroma dan hangatnya dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala dan pusing. Aroma therapinya dapat membuat pernafasan menjadi rileks dan tenang, meningkatkan konsentrasi dan menghilangkan demam.

Itulah beberapa manfaat umum dari minyak kayu putih. Masih banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari tanaman kayu putih. Semoga bermanfaat,.