Daun dewa (Gynura segetum L. Merr)

Daun dewa (Gynura segetum L. Merr)

 

Sinonim : Gynura divaricata (L.) DC.; Gynura pseudochina (L.) DC.

Klasifikasi

Divisi : Spermatophyta

Sub divisi : Angiospermae

Kelas : Dicotyledoneae

Bangsa : Asterales

Suku : Asteraceae

Marga : Gynura

Jenis : Gynura segetum (Lour.) Merr.

Nama daerah : Beluntas cina (Sumatra)

Deskripsi singkat

Tanaman daun dewa ini berupa tanaman tahunan dengan tinggi pohon sekitar 20 – 50 cm. Daun tunggal dengan bentuk bundar seperti telur dengan panjang daun 7 – 40 cm dan lebar 1,5 – 10 cm dengan pangkal meruncing, terpian daun bergerigi dan rata pada tepiannya, panjang tangkai daun 0,3 – 3 cm, roset daun begian atas lebih bertakuk, dengan ukuran sedikit lebih kecil, berbulu halus pada permukaan atas dan bawah. Bunga tanaman daun dewa tunggal atau bercabang 1 – 2 bongkol bunga berkelompok lepas terdiri dari 1 – 5 percabang, bengkol menggenta atau sedikit lebar, panjang tangkai bunga 0,54 – 4 cm, berbulu. Warna bunga yaitu kuning. Buah berukuran kecil sekitar 3 – 4 mm. Akar membentuk umbi berdiameter 2 – 6 cm.

 

Khasiat dan kegunaan

  • Untuk mengobati stroke

Daun dewa dengan sifat antikoagulasi (sifat mengencerkan darah) nya dapat digunakan untuk mengobati stroke. Yang mana stroke ini adalah gangguan kesehatan yang diakibatkan karena adanya penyumbatan pembuluh darah arteri yang bertugas mengalirkan darah ke otak. Dengan mengkonsumsi ramuan yang terdiri dari tumbukan umbi dewa dicampur ginko dan sedikit madu ini, dapat membantu mengurangi sumbatan dan memperlancar sirkulasi darah.

  • Untuk sakit kepala

Tanaman daun dewa juga dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala. Caranya yaitu 3 – 5 helai daun tanaman daun dewa ini direbus bersama 20 – 25 helai daun pegagan. Diambil air rebusannya dan diminum setelah hangat. Ramuan umbi dewa bersama pegagan ini dapat meringankan sakit kepala atau pusing dan terbukti sangat manjur. Penulis juga sudah membuktikan kehebatan tanaman ini sendiri.

  • Mengobati sakit jantung

Siapa yang tidak kenal dengan penyakit yang satu ini. Ya. Penyakit jantung dikabarkan adalah pembunuh nomor 1 pada orang dewasa. Sebab penyakit ini yaitu karena terhentinya aliran darah ke jantung meskipun hanya sesaat saja. Pencetusnya bisa jadi karena merokok, mengkonsumsi alcohol berlebih, obesitas, kurang istirahat, atau kurang gerak. Nah, kehebatan tanaman ini yaitu dapat meringankan dan menurunkan resiko penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi rutin ramuan umbi daun dewa yang dapat diminum dengan seduhan atau kapsul jadi setiap sore atau pagi. Insyaallah terhindar dari resiko penyakit ini.

  • Mengobati darah tinggi

Gejala hipertensi atau darah tinggi disebabkan karena tekanan darah dalam arteri meningkat. Nah, daun dewa dengan kandungannya yang bersifat hipotesif dapat membantu menurunkan tekanan darah. Cara mengkonsumsinya sama dengan pencegahan penyakit lainnya yaitu dengan mengkonsumsi ramuan bisa berupa hasil godokan yang diambil airnya atau bisa berupa kaspul sediaan jadi yang diproduksi pabrik – pabrik atau farmasi.